Pages

10 Tips dan cara menghemat kuota internet

Waduh kuota modem saya sekarat banget, padahal waktunya blum habis belum 1 bulan penuh saya pakai paket modem saya. hem..mau diisi sayang banget yah, kalau nggak diisi gimana mau akses Internet ,facebookan, ngeblog, twitteran, googling, bologwalking, browsing yah..mungkin kejadian ini pernah juga sobat alami bahkan mungkin juga pada waktu sobat baca artikel ini.

Bener-bener bikin kesel yah, padahal blum ada duit, tanggal gajian masih 2 minggu lagi loh, waduh..kuota untuk 1 bulan sudah habis selama 2 minggu, nah untuk mengatasi kejadian ini, Media Infonetku akan bagikan tips cara menghemat kuota modem sobat, supaya awet sampai masa kuota sobat habis.


Tips dan cara menghemat kuota modem internet.

Matikan extension atau add-ons pada browser 

Buat sobat yang familiar dengan mozilla firefox biasanya disebut dengan add-ons sendangkan buat chrome disebut dengan extension, sebenarnya keduanya sama saja, sama-sama tools yang ditambahkan dalam browser sobat, extension atau add-ons ini ternyata menambah beban biaya internet loh, yup secara logika semua extensions atau add-ons yang sobat install atau pasang di browser sobat terhubung dengan penyedia tools ini melalu internet juga kan, jadi saya sarankan jika kuota sobat mau menghemat kuota sobat sebaiknya di diable dulu tidak usah dihapus atau di uninstall dari browser sobat dengan begitu kapanpun sobat mau mengaktifkan lagi, tinggal anable lagi atau hidupkan kembali, jadi extensions atau add-ons yang sobat sukai tidak hilang begitu saja. Tapi sebaiknya uninstall atau hapus saja exstensions atau add-ons yang seobat tidak perlukan, pilih yang sering sobat pakai saja jika memang jarang atau tidak sama sekali dipakai buat apa lagi sobat install.

Tutup tab yang tidak digunakan

Kebiasaan saya googling yang paling parah menghabiskan kuota saya, maklum setiap kali saya browsing, halaman web yang saya bukan dibrowser setiap googling, browsing, blogwalking hampir rata 10 tab yang kebuka, setiap saya googling untuk 1 pencarian artikel yang saya butuhkan saya membukanya 2 sampai 3 tab, padahal yang bisa saya baca dalam waktu yang sama cuman 1 tab dong, wah pemborosan banget. Yups....pemborosan yang ridak penting, jadi buat sobat sebaiknya setiap browsing buka hanya 1 atau 2 tab saja jika mau ngirit sih.



Hindari download atau upload 

Ups, masa sih mau ngirit malah tidak download atau upload, trus modem ini buat apaan..hehehe mungkin ini pertanyaan yang mau ajukan ke saya.hehe,,kalau mau bertanya buat komen di kolom komen dibawah yah..hihihi*ngarep..
Maksud saya bukan nggak boleh download atau upload loh, maksud saya itu jangan sering-sering aja, karena faktanya aktifitas ngedownload atau upload ini, pemakan kuota paling besar diinternet, benarkah?
kalau nggak percaya sobat boleh coba deh, selama seminggu ngedownload atau upload, hemm satu minggu habis tuh kuota. Saran dari saya, jika sobat mau ngedownload atau upload, saya sarankan mending ke warnet saja, ini cara jitu saya, soalnya dengan 3 ribu rupiah saya sudah puas ngedownload, udah gitu saya tidak perlu takut kalau-kalau malware dari internet menyerang laptop saya, bukan komputer saya koq..hehe.
untuk saran saya yang ini, sebaiknya sobat terapkan deh, nggak rugi.

Matikan Update Otomatis 

Senang sekali rasanya baru beli laptop, semua sudah ke install, browser sudah terpasang, OS terbaru dari windows yaitu windows 7, udah gitu dapat hadiah modem lagi, kuota gratis 2 gigabyte selama 1 bulan, mantabs.udah nggak sabarang mau buka internet, facebookan ah, lihat lihat foto cewek cakep..haha
Dengan bangga semalaman chating, update status, mentions di twitter, malam pertama benar-benar asyik deh. Malam selanjutnya, lanjut lagi internet gratis dari modem hadiah yang saya sayangi. chaiting berlanjut, ups..kring..kring..apaan tuh, hemm 'kuota internet anda sudah habis terpakai, lakukan pengisian ulang untuk memperpanjang paket kuota anda". Gimana sih, masih 2 haru juga udah habis katanya 1 bulan, tukan tipu nih provider, hadiah sih..hahaha..marah nggak jelas. tapi selidik punya selidik, ternyata semua aplikasi yang ada di laptop saya pada download sesuka hati, mereka semua melakukan update otomatis, mulai dari mozilla saya, chrmome saya, adobe photoshop, adobe flash, driver OS, windows office, antivirus,bahkan yang paling berani itu Windows saya, windows 7 saya download update sampai hampir 600 MB, pantes saja kuota saya ludes. setelah bertanya sama yang ahli,memang semua aplikasi atau software yang kita install di komputer kita jika terhubung ke internet pasti melakukan update, terutama windows apalagi update service pack, bisa sampai 600-800 MB, pemberitahuan nggak sih? ada pasti ada. kita adalah admin, jadi semua atas restu kita, kecuali virus, malware dan file2 jahat lainnya, makanya buat sobat, jangan abaikan setiap pemberitahuan dari windows sobat. Nah buat sobat yang mau ngirit pemakaian kuota untuk mengatasi hal ini saya sarankan ikuti saja cara saya. Kalau saya, pada saat saya akses internet pake modem saya, update otomatis semua saya matikan, tapi nggak mungkin juga kan nggak di update-update, nah untuk mengatasi ini, saya bawa saja laptop saya ke hotspot gratis, cafe misalnya atau starbuck, yang jelas saya pergi ketempat minum kopi yang ada hotspotnya, saya cuman keluarkan duit 10 ribu, selain saya bebas update software saya,saya jga dapat kopi dan cuci mata lihat-lihat cewek cantik..tips ini, cara yang paling saya gemari. Boleh dicoba yah..hhah


Pakai mobile view jika diperlukan

Kuota sudah sekarat benar, duit kosong, tapi sayang nggak dipakai sisa kuota, pada saat sepeti ini, kalau saya lagi pengen facebookan atau twitteran atau bahkan lagi mau bertanya di forum yang saya ikuti, cara yang saya gunakan membuka facebook, twitter, berita olahraga, atau forum, saya mengakses semuanya degan tampilan mobile, apa untungnya?
Dalam pikiran saya, kalau kartu yang saya pakai di modem saya pakai di HP saya pasti kuotanya lebih awet, karna download dan upload data halaman webnya lebih kecil, jadi lebih irit, tapi kalau akses di internet melalui hp jadul saya ini, nggak asik.
Nah cara yang biasa saya pakai, yaitu bukan facebook dengan tampilan mobilenya, begitu juga twitter, forum, atau berita olahraga..tapi kelemahannya, tidak semua web memiliki tampilan mobile sendiri.
Kalau sobat mau coba cara ini, caranya :
bisaanya jika kita bukan facebook dengan laptop atau komputer alamatnya pasti seperti ini
www.facebook.com 
nah ganti dengan:
m.facebook.com
atau untuk twitter :
www.twitter.com
ganti dengan :
m.twitter.com
begitu juga dengan yang lainnya, tapi seperti yang saya bilang sebelumnya, tidak semua web mempunyai tampilan mobile sendiri.

Hindari video chatting

Lagi-lagi buat yang kuota lagi sekarat, usahakan video chatting sobat pending dulu yah, karena faktanya, video chating ini merupakan aktifitas internet banyak memakan kuota sobat, bukan berarti jangan chatiing, tapi kalau lagi sekarat, sebaiknya jangan dulu deh,

Hindari main game online

Kalau yang ini, wajib sobat hindari, sekarat atau nggak sekarat sebisa mungkin sobat hindari, karena selain menghabiskan kuota sobat dengan cepat, untuk membukan aplikasi game saja, internet dari modem sobat pasti lama sekali untuk menampilkan aplikasi game ini, itu berarti aktifitas download dan upload filenya berat sekali, dan pasti besar sekali, jadi kalau mau main game online sebaiknya dari warnet saja, lebih aman.


Hindari nonton you tube

Untuk yang satu ini, mungkin sobat jarang lakukan jika sobat pakai modem, karena pasti bikin kesel, karena memang nggak nyaman nonton you tube dari usb modem sobat, karena lama sekali, udah gitu sebertar sebentar berhenti untuk buffering. Jadi taidak perlu disarankan pasti sobat udah duluan tahu deh..


Buat blogger hindari aplikasi analisis web

Pernah satu malaman saya buka google analitycs, ups besok hari setengah dari kuota saya habis, jatah internet untuk 2 minggu saya habis selama 1 malam, jadi buat sobat blogger pada waktu buka google analitycs atau web analisis yang lainnya pergunakanlah seperlunya.


Tunda akses browsing

Tunda browsing disini maksud saya adalah alternatif yang saya gunakan untuk mengatasi kebiasaan saya buka halaman web dengan banyak tab, karena setiap buka halaman web yang terkalt saya selalu bukan dengan "open new tab" makanya untuk mengirit pemakaian kuota saya, setiap tab yang sempat saya buka saya bookmark lebih dulu selanjutnya baru saya pilih mana yang pertama, kedua dan selanjutnya yang mau saya baca, kemudian tab yang lainnya saya tutup dulu, nanti jikan mau membacanya, saya tinggal semua bookmark yang belum saya baca,, sobat bisa coba deh, jika sobat punya kebiasaan seperti saya.


Nah Itulah ke 10 Tips dan cara menghemat kuota internet

Unknown

3 comments: